(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Produk Smartphone Antar Marketplace Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process Dan Weighted Product Model


Banyaknya produk smartphone yang dijual di toko online atau marketplace membuat pembeli bimbang untuk memilih produk smartphone yang akan dibeli. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi pendukung keputusan untuk memilih produk smartphone yang dijual di marketplace yang ada di Indonesia. Dengan adanya aplikasi ini, pengguna akan dimudahkan dalam proses memilih produk smartphone yang akan dibeli. Pada penelitian ini terdapat beberapa atribut smartphone yang digunakan sebagai parameter pendukung keputusan, di antaranya yaitu performa, harga, kapasitas baterai, resolusi kamera, kapasitas memori internal dan reputasi produk. Penelitian ini mengimplementasikan metode Analytic Hierarchy Process dan Weighted Product Model untuk memproses data atribut smartphone dan preferensi atribut smartphone oleh pengguna. Aplikasi pendukung keputusan pada penelitian ini memiliki tingkat relevansi produk smartphone yang diberikan oleh pengguna sebesar 95,625%. Adapun atribut smartphone yang paling banyak menjadi bahan pertimbangan pengguna untuk membeli smartphone baru adalah reputasi produk, kapasitas memori internal, dan kapasitas baterai.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2108240023

Keyword