(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

IDENTIFIKASI PRIORITAS PENINGKATAN PELAYANAN DI STASIUN COMMUTERLINE NAMBO DAN CIBINONG


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prioritas peningkatan pelayanan di Stasiun Commuterline Nambo dan Stasiun Cibinong. Pada tahun 2015 tepatnya pada 1 April, PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Bogor mereaktivasi kembali Stasiun Nambo dan Stasiun Cibinong. Dengan direaktivasinya kembali kedua stasiun tersebut tentu perlu memenuhi kebutuhan para penumpang KRL dalam hal ketersediaan fasilitas di stasiun yang mana pada kenyataannya masih belum cukup memenuhi kebutuhan para penumpangnya. Penelitian adalah penelitian deduktif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan pengumpulan data seperti dokumentasi, kuisioner, dan kajian teori. Berdasarkan hasil penelitian, masih terdapat beberapa pelayanan yang perlu untuk ditingkatkan kembali pelayanannya dalam hal penanganan perbaikan serta penambahan fasilitasnya. Dari 6 variabel pelayanan yang ada, terdapat 3 variabel yang menjadi variabel paling penting untuk dilakukan peningkatan pelayanan fasilitasnya di Stasiun Nambo dan Stasiun Cibinong, yaitu pelayanan kesetaraan dengan bobot akhir 0,097, pelayanan kemudahan dengan bobot akhir 0,131, dan terakhir pelayanan kenyamanan dengan bobot akhir sebanyak 0,157. Variabel ini merupakan variabel yang termasuk ke dalam prioritas yang perlu ditingkatkan pelayanannnya saat ini.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2108240009

Keyword