(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Identifikasi Kesiapan Masyarakat dalam Rencana Pengembangan Program Smart Village Berbasis Digital


Sebuah desa dapat dikatakan desa cerdas (smart village) apabila mampu memberikan pelayanan kepada warga atau masyarakatnya secara efektif dan efisien dengan menggunakan teknologi yang ada melalui pendekatan partisipatif masyarakat (Ramachandra;dkk, 2015). Smart village atau desa cerdas merupakan salah satu program yang sedang dikembangkan oleh pemerintah Provinsi Lampung, dengan rentang waktu pelaksanaan sejak 2020-2024 tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Lampung Tahun 2019-2024. Desa Hanura merupakan salah satu desa pilihan sebagai pilot project smart village di Provinsi Lampung, dengan tingkat indeks desa membangun (IDM) yang paling tinggi. Melihat dari pengembangan program yang masi berjalan kurang lebih enam bulan lamanya, dengan penetapan master plan yakni pada desember 2020 dan pengembangan program yang berjalan di awal januari 2021 serta program – program yang terlaksana belum semua terpenuhi, dan adanya keraguan dari peneliti bahwa setiap masyarakat Desa Hanura mampu untuk ikut serta dalam menerapkan program smart village ini oleh karena itu perlu adanya identifikasi terhadap kesiapan masyarakat untuk mengetahui masyarakat siap atau tidak untuk dikembangkan dan diterapkan program – program yang mendukung keberhasilan smart village berbasis digital di Desa Hanura dengan menggunakan 3 variabel yang telah ditetapkan yakni pelayanan publik dan sosial, partisipasi masyarakat dan penerapan pengendalian lingkungan. Metode penelitian yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah metode kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan masyarakat dilihat dari variabel pelayanan publik dan sosial adalah siap, variabel partisipasi masyarakat adalah sangat siap dan untuk variabel penerapan pengendalian lingkungan adalah sangat siap. Kata Kunci: Identifikasi, Kesiapan, Smart Village, Desa Hanura

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2108190039

Keyword