(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus : Pasar Way Kandis,Bandar Lampung)


Kemacetan lalu lintas adalah masalah umum yang sering kita dapati. Salah satu daerah yang sering terjadi kemacetan lalu lintas adalah di Jalan Ratu Dibalau,tepatnya disekitar Pasar Tempel Way Kandis. Wilayah ini menjadi macet karena disebabkan oleh adanya pedagang yang berjualan dipinggir atau dibahu jalan, serta adanya parkir liar disepanjang jalan sekitar Pasar Tempel Way Kandis tersebut. Hambatan samping (HS) mengambil peran yang penting terhadap prosedur perhitungan analisis kinerja jalan dan sebagai salah satu penentu tingkat pelayanan jalan. Studi dalam penelitian ini dilakukan diruas jalan Ratu Dibalau,tepatnya didepan Pasar Way Kandis, Bandar Lampung. Selama tiga hari dilakukan survey Traffic Counting, yang tujuannya adalah untuk mengetahui kapasitas yang ada diruas jalan tersebut, dengan metode yang digunakan adalah berdasarkan PKJI 2014 dan model Greenshields, Greenberg, dan Underwood yang kemudian digunakan untuk perhitungan tundaan dengan menggunakan gelombang kejut. Selain menghitung kendaraan yang melewati lokasi penelitian, faktor faktor yang termasuk kedalam hambatan samping juga dihitung. Tujuannya adalah untuk mengetahui kelas hambatan samping pada ruas jalan tersebut. Melalui hasil pengolahan data dari lapangan, maka diperoleh arus maksimum yang terjadi sebesar adalah 930,40 ekr/jam, Derajat Jenuh tertinggi adalah sebesar 0,45 yaitu pada hari Minggu. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat pelayanan jalan merupakan kelas C, dimana arus masih stabil tetapi kecepatan gerak pada kendaraan dikendalikan. Kelas hambatan samping pada lokasi titik penelitian tergolong sangat tinggi pada hari Minggu, karena total frekuensi bobotnya sebesar 1061,8/jam,200m. Panjang antrian maksimum tertinggi adalah pada hari minggu, yaitu sebesar 56,943 m atau 0,0569 km. Kata Kunci : Kemacetan, Pasar Way Kandis, Hambatan Samping, PKJI 2014, Greenshields, Greenberg, Underwood, Gelombang Kejut.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2107270004

Keyword