EVALUASI DAN PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN PADA APLIKASI OJESA
Ojesa merupakan aplikasi ojek online yang menyediakan layanan antar jemput
dan kurir khusus untuk wanita dan anak-anak. Aplikasi Ojesa baru dibangun, oleh
karena itu masih perlu dilakukan pengembangan khususnya pada antarmuka
pengguna agar pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan aplikasi.
Usability merupakan sebuah atribut kualitas untuk mengukur sejauh mana suatu
aplikasi dapat dengan mudah dioperasikan oleh pengguna dalam mencapai suatu
tujuan dan memenuhi kebutuhan pengguna oleh karena itu mengevaluasi nilai
usability pada aplikasi Ojesa diperlukan. Model pengukuran usability pada
aplikasi Ojesa menggunakan model PACMAD (People at The Center of Mobile
Aplication Devvelopment) yang memiliki tujuh parameter penilaian yaitu
effectiveness, efficiency, satisfaction, learnability, memorability, error dan
cognitive load. Setelah dilakukan evaluasi usability pada aplikasi Ojesa, dari tujuh
aspek usability diperoleh dua aspek yang memiliki nilai yang masih rendah yaitu
Satisfaction dan Cognitive Load oleh karena itu dilakukan perancangan
rekomendasi antarmuka pengguna dengan metode Goal Directed Design untuk
meningkatkan nilai usability pada aplikasi Ojesa. Hasil evaluasi akhir pada
rekomendasi antarmuka pengguna yang dirancang berhasil menunjukkan
perbaikan nilai usability yaitu aspek effectiveness 95.6%, efficiency 95.8%,
Satisfaction 82.3, Learnability 98%, Memorability 95.6
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106110007
Keyword