(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

EVALUASI DAN PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN PADA APLIKASI OJESA


Ojesa merupakan aplikasi ojek online yang menyediakan layanan antar jemput dan kurir khusus untuk wanita dan anak-anak. Aplikasi Ojesa baru dibangun, oleh karena itu masih perlu dilakukan pengembangan khususnya pada antarmuka pengguna agar pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan aplikasi. Usability merupakan sebuah atribut kualitas untuk mengukur sejauh mana suatu aplikasi dapat dengan mudah dioperasikan oleh pengguna dalam mencapai suatu tujuan dan memenuhi kebutuhan pengguna oleh karena itu mengevaluasi nilai usability pada aplikasi Ojesa diperlukan. Model pengukuran usability pada aplikasi Ojesa menggunakan model PACMAD (People at The Center of Mobile Aplication Devvelopment) yang memiliki tujuh parameter penilaian yaitu effectiveness, efficiency, satisfaction, learnability, memorability, error dan cognitive load. Setelah dilakukan evaluasi usability pada aplikasi Ojesa, dari tujuh aspek usability diperoleh dua aspek yang memiliki nilai yang masih rendah yaitu Satisfaction dan Cognitive Load oleh karena itu dilakukan perancangan rekomendasi antarmuka pengguna dengan metode Goal Directed Design untuk meningkatkan nilai usability pada aplikasi Ojesa. Hasil evaluasi akhir pada rekomendasi antarmuka pengguna yang dirancang berhasil menunjukkan perbaikan nilai usability yaitu aspek effectiveness 95.6%, efficiency 95.8%, Satisfaction 82.3, Learnability 98%, Memorability 95.6

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106110007

Keyword