(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGEMBANGAN UI/UX PADA APLIKASI MOBILE PASAR BERJAYA MENGGUNAKAN METODE DESIGN SPRINT


Pasar Berjaya merupakan aplikasi belanja online berbasis mobile android yang harapannya dapat memudahkan masyarakat Lampung khususnya dalam mendapatkan kebutuhan pokok tanpa harus pergi berbelanja ke pasar tradisional. Pasar Berjaya cukup memiliki user interface dan user experience yang baik. Namun pada aplikasi ini masih terdapat keluhan dari pengguna terutama pada tampilan antarmuka dan pengalaman pengguna. Berdasarkan preliminary research melalui kuesioner yang disebarkan kepada 50 responden maka didapatkan hasil beberapa kekurangan dan kendala dalam aplikasi Pasar Berjaya yang dapat membuat pengguna kesulitan menggunakan aplikasi ini karena tampilan yang tidak menarik dan membingungkan. Sehingga penelitian ini berfokus pada pengembangan user interface and user experience pada aplikasi mobile android Pasar Berjaya menggunakan metode Design Sprint. Design Sprint merupakan salah satu metode desain produk fleksibel yang dapat memaksimalkan peluang membuat sesuatu yang diinginkan pengguna. Design Sprint terdiri atas 5 fase yaitu understand, diverge, converge, prototype, dan test. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu pengembangan pada tampilan katalog, pembatalan pesanan, status progress pesanan, dan juga fitur bantuan dan kontak admin. Serta hasil usability testing dari hasil pengembangan prototype solusi ini yaitu mendapatkan nilai effectiveness 91%, nilai time-based efficiency 0,00974 goals/second, dan nilai satisfaction 87%.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106100041

Keyword