(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

DIGITALISASI BUDAYA DALAM BENTUK PERMAINAN EDUKASI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA A*


Perkembangan budaya pada zaman digital ini begitu pesatnya. Perkembangan ini terlihat dari perubahan budaya dan pendidikan. Pada zaman digital saat ini mengubah pola hidup masyarakat sehingga mempengaruhi pelestarian budaya dan pendidikan. Untuk mengimbangi perubahan dibutuhkan perubahan cara untuk melestarikan budaya. Pelestarian budaya dilakukan dalam bentuk digital. Perubahan cara ini diharapkan anak – anak dan remaja tertarik dalam mempelajari budaya Indonesia. Penulis melakukan penelitian untuk melestarikan budaya, untuk membuat anak – anak dan remaja tertarik melestarikan budaya. Penelitian ini memanfaatkan unity engine dan A* algorithm untuk membuat game yang disukai anak – anak dan remaja. Game ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya yang tidak hanya sekedar permainan saja. Pembuatan permainan dibuat untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan sekaligus memberikan pendidikan budaya. Proses penelitian ini dilakukan mulai dari pencarian data perancangan permainan, pembuatan aturan A* algorithm pada permainan, pembuatan cerita legenda rakyat, dan pembuatan permainan yang menarik. Pengambilan data diolah untuk membuat rancangan permainan. Setelah pembuatan rancangan dibuat prototype dengan menggunakan unity engine. Setelah prototype dibuat data uji untuk melihat proses keberhasilan pelestarian budaya. Data uji dibuat bedasarkan usia anak – anak dan remaja.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106100016

Keyword