PENINGKATAN PELAYANAN KLINIK KECANTIKAN  PUSPITA BANDAR LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN LEAN  HOSPITAL
		
		
		
			Pasar industri kecantikan di Indonesia merupakan pasar terbesar ketiga di Asia. 
Pertumbuhan industri kecantikan tersebut membuat persaingan antar perusahaan 
menjadi semakin ketat untuk memenangkan pasar. Suatu perusahaan harus dapat terus 
meningkatkan kualitas pelayanannya untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan 
dan dapat terus bersaing. Klinik Kecantikan Puspita Bandar Lampung memiliki 
beberapa permasalahan yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan. Permasalahan 
tersebut yaitu tidak adanya pengelolaan terhadap voice of customer (VOC), terjadinya 
kesalahan pemberian produk, terjadinya kesalahan dalam proses billing serta waktu 
tunggu pelayanan yang tinggi. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini 
bertujuan untuk meningkatan kualitas pelayanan Klinik Kecantikan Puspita Bandar 
Lampung. Peningkatan kualitas pelayanan dilakukan dengan melakukan perbaikan 
terhadap waktu tunggu pelayanan dengan menggunakan prinsip lean hospital. Hasil 
dari penelitian ini yaitu reduksi pada durasi aktivitas yang tidak bernilai tambah
sebanyak 30% pada kombinasi pelayanan konsultasi, treatment dan produk. Reduksi 
pada durasi aktivitas yang tidak bernilai tambah sebanyak 26% pada kombinasi 
pelayanan konsultasi, dan treatment. Reduksi pada durasi aktivitas yang tidak bernilai 
tambah sebesar 56% pada kombinasi pelayanan treatment, dan produk serta reduksi 
pada durasi aktivitas yang tidak bernilai tambah sebesar 52% pada pelayanan 
treatment.. 
			URI 
			
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106100015 
			Keyword