PERANCANGAN SISTEM OPERABILITAS 9E-1M PADA PROGRAM-PROGRAM PEMASARAN KLINIK KECANTIKAN PUSPITA
Klinik Kecantikan Puspita (KKP) merupakan salah satu perusahaan perawatan
kecantikan yang terkena dampak Covid-19. Dampak Covid-19 menyebabkan KKP
mengalami penurunan penjualan sejak bulan Maret sampai September 2020. KKP
mulai mengalami kenaikan sebesar 3% pada bulan Oktober sampai Desember 2020,
namun kenaikan tersebut tidak bergerak secara signifikan hingga awal tahun 2021.
Pimpinan KKP harus menyelesaikan masalah tersebut, dengan merancang program-
program pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjamin keberlangsungan
program-program pemasaran agar sesuai dengan spesifikasi perusahaan. Metode yang
menjamin keberlangsungan program-program pemasaran tersebut adalah sistem
operabilitas 9E-1M. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi
lapangan, wawancara, dan diskusi kepada pihak KKP. Pengumpulan data tersebut
digunakan untuk merancang program-program pemasaran menggunakan sistem
operabilitas 9E-1M. Hasil dari perancangan tersebut adalah kebijakan-kebijakan, cara
sosialisasi, cara pengawasan, cara keterlibatan pekerja dan pimpinan, cara sosialisasi
mitra, cara evaluasi, cara perawatan dan perbaikan masing-masing program
pemasaran. Penelitian ini adalah salah satu usaha untuk mengembalikan penjualan
dan meningkatkan promosi perusahaan.
Kata kunci: 9E-1M, Perancangan, Pemasaran, Pelanggan
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106090026
Keyword