(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGGUNAAN ALJABAR MAX-PLUS DAN PETRI NET PADA ALUR PELAYANAN PEMBUKAAN REKENING NASABAH BANK


Antrian pelayanan nasabah bank merupakan salah satu contoh permasalahan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Antrian tersebut disebabkan oleh banyaknya nasabah yang melebihi kapasitas layanan yang tersedia. Jenis pelayanan yang ada di bank antara lain pembukaan rekening dalam bentuk buku tabungan atau Anjungan Tunai Mandiri (ATM), simpan pinjam uang, dan pengaduan kesalahan transaksi. . Agar pelayanan di bank dapat dilakukan secara teratur maka diperlukan alur sistem pelayanan nasabah bank yang dimodelkan dalam bentuk petri net. Pembahasan ini bertujuan menggambarkan penerapan aljabar max-plus dan petri net pada pelayanan pembukaan rekening nasabah di bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan mengumpulkan data, mengidentifikasi masalah, membuat model petri net, membuat persamaan aljabar max-plus, dan membuat hasil yang didapatkan dari penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu model persamaan aljabar max-plus pelayanan nasabah bank, model petri net pelayanan nasabah bank, dan estimasi waktu pelayanan nasabah bank. Kata Kunci : Aljabar Max-Plus, Petri Net, Waktu Pelayanan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106080039

Keyword