PENGGUNAAN ALJABAR MAX-PLUS DAN PETRI NET PADA ALUR PELAYANAN PEMBUKAAN REKENING NASABAH BANK
Antrian pelayanan nasabah bank merupakan salah satu contoh permasalahan yang
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Antrian tersebut disebabkan oleh banyaknya
nasabah yang melebihi kapasitas layanan yang tersedia. Jenis pelayanan yang ada
di bank antara lain pembukaan rekening dalam bentuk buku tabungan atau
Anjungan Tunai Mandiri (ATM), simpan pinjam uang, dan pengaduan kesalahan
transaksi. . Agar pelayanan di bank dapat dilakukan secara teratur maka diperlukan
alur sistem pelayanan nasabah bank yang dimodelkan dalam bentuk petri net.
Pembahasan ini bertujuan menggambarkan penerapan aljabar max-plus dan petri
net pada pelayanan pembukaan rekening nasabah di bank BRI (Bank Rakyat
Indonesia) Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan
mengumpulkan data, mengidentifikasi masalah, membuat model petri net,
membuat persamaan aljabar max-plus, dan membuat hasil yang didapatkan dari
penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu model persamaan aljabar max-plus
pelayanan nasabah bank, model petri net pelayanan nasabah bank, dan estimasi
waktu pelayanan nasabah bank.
Kata Kunci : Aljabar Max-Plus, Petri Net, Waktu Pelayanan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106080039
Keyword