(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGUJIAN ASPEK SATISFACTION USABILITY WEB COVID-19 MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)


COVID-19 merupakan virus jenis baru yang pertama kali ditemukan di daerah Wuhan, Cina. Setelah WHO resmi mendeklarasikan virus corona (COVID-19) menjadi pandemi, Teknologi menjadi hal sangat penting dalam menyebarkan informasi. Diketahui terdapat 2 website milik pemerintah Provinsi Lampung yang memberikan informasi seputar COVID-19. Aspek satisfaction usability website merupakan hal yang perlu diperhatikan. Dengan menggunakan system usability scale (SUS) dapat mengetahui tingkat satisfaction usability ke dua website tersebut dan juga dapat membandingkan manakah website yang memiliki tingkat satisfaction usability terbaik. Setelah dilakukan serangkaian pengujian dengan cara memberikan kuesioner SUS kepada responden dan kemudian hasil dari kuesioner tersebut akan dijadikan bahan analisis untuk pengukuran skor akhir SUS. Setelah mendapatkan skor akhir SUS, penilaian Acceptabelity Ranges, Grade Scale, dan Adjective Ratings terhadap ke dua web sudah dapat ditentukan. Hasilnya adalah nilai SUS pada web 1 adalah 67,58. Untuk acceptability ranges menunjukkan bahwa yang diujikan berada pada posisi marginal high, grade scale bernilai D, dan adjective ratings dikatakan GOOD. Sedangkan nilai SUS pada web 2 adalah 68,16. Untuk acceptability ranges menunjukkan bahwa yang diujikan berada pada posisi marginal high, grade scale bernilai D, dan adjective ratings dikatakan GOOD. Bedasarkan pengukuran SUS tersebut, dapat disimpulkan bahwa web 2 (https://dinkes.lampungprov.go.id/covid19) memiliki tingkat satisfaction usability yang lebih baik daripada web 1 (https://covid19.lampungprov.go.id). Kata Kunci : COVID-19, website, satisfaction, usability, system usability scale (SUS), Acceptabelity Ranges, Grade Scale, Adjective Ratings.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106070023

Keyword