(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN LINTAS TENGAH SUMATERA (BAKAUHENI – BANDAR LAMPUNG)


PBB menyoroti tingginya angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia dan menerbitkan resolusi tentang Improving Global Road Safety dengan tujuan mengurangi angka kematian dan cedera lalu lintas setidaknya 50 persen dari tahun 2021 hingga 2030. Provinsi lampung, khususnya ruas Jalan Lintas Tengah Sumatera (Bakauheni – Bandar Lampung) merupakan ruas jalan arteri yang padat lalu lintasnya dan terdapat beberapa blackspot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kecelakaan, mengevaluasi blackspot dan memberikan rekomendasi pemecahan masalah. Karakteristik kecelakaan dapat diketahui dengan menganalisis data kecelakaan lalu lintas menggunakan metode korelasi dengan bantuan program SPSS. Sedangkan blackspot dapat ditentukan menggunakan metode AEK dengan mengetahui bobot atas tingkat kecelakaan. Pada penelitian ini digunakan metode pembobotan AEK berdasarkan Puslitbang Jalan, Ditjen Hubdat dan Polri. Berdasarkan hasil penelitian karakteristik kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia dengan perilaku manusia yang melampaui batas kecepatan, jenis kendaraan adalah sepeda motor, waktu kejadian kecelakaan pada pukul 12.00 – 18.00, jenis kecelakaan adalah tabrakan depan-samping, dan profesi pelaku kecelakaan adalah pengemudi (bus, truk, dsb). Berdasarkan perhitungan AEK dengan 3 metode pembobotan menetapkan bahwa Jalinsum km. 21-22, Jalinsum km 34-35 dan Jalinsum km. 56-57 sebagai blackspot. Dari survei yang dilakukan, daerah ini memiliki masalah dengan alinyemen jalan (tikungan dan tanjakan/turunan). Rekomendasi pemecahan masalah secara umum perlu dipertegas batas kecepatan kendaraan menggunakan rambu lalu lintas dan pemberian sanksi tegas atas pelanggaran batas kecepatan oleh Satlantas, pada malam hari sebagian besar ruas jalan tidak memiliki lampu penerangan atau lampu penerangan yang dalam kondisi rusak. Selain itu perlu juga diadakan sosialisasi keselamatan lalu lintas dan batas kecepatan kepada para pengemudi agar dapat mengedukasi dan lebih peduli akan pentingnya keselamatan lalu lintas.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106040024

Keyword