Evaluasi UI/UX pada Aplikasi Mobile SatuJari.id Menggunakan Metode Heuristic Evaluation
SatuJari.id merupakan Aplikasi Modren Outlet yang dapat dijadikan salah satu
aplikasi alternatif untuk memenuhi kebutuhan handphone. Penelitian kali ini
berfokus pada evaluasi aplikasi SatuJari.id dengan menggunakan teknik evaluasi
yaitu Evaluasi Heuristik. Evaluasi heuristik merupakan salah satu teknik pengujian
yang dapat menyelesaikan masalah pengguna berdasarkan user interface. Evaluasi
Heuristik juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat kenyamanan pengguna
dalam interaksi pengguna dengan aplikasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini
adalah, nilai evaluasi dari aplikasi SatuJari.id serta pengembangan perbaikan pada
tampilan aplikasi SatuJari.id berdasarkan nilai-nilai dan catatan evaluasi. Pada
aspek Visibility of system mendapatkan nilai 3.76, pada aspek Match between
system and the real world mendapatkan nilai 4.00, pada aspek User control and
freedom mendapatkan nilai 4.04, pada aspek Consistency and standards
mendapatkan nilai 3.47, pada aspek Recognition rather than recall mendapatkan
nilai 3.95, pada aspek Flexibility and efficiency of use mendapatkan nilai 3.50, pada
aspek Error prevention mendapatkan nilai 3.60, pada aspek Aesthetic and
minimalist design mendapatkan nilai 3.32, pada aspek Help users recognize,
diagnose, and recover from errors mendapatkan nilai 3.40, pada aspek Help and
documentation mendapatkan nilai 3.85. Pengembangan perbaikan tampilan aplikasi
SatuJari.id berfokus pada aspek Aesthetic and minimalist design pada fitur utama
yaitu, fitur Isi Pulsa, fitur Paket data dan Fitur Token PLN.
Kata Kunci : UI/UX, Evaluasi, Evaluasi Heuristik
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2105310005
Keyword