Analisis Logika Fuzzy Metode Tsukamoto, Mamdani, dan Sugeno dalam Pemilihan Program Studi di Perguruan Tinggi (Studi Kasus:Siswa MAN 2 Bandar Lampung)
		
		
		
			Dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan di perguruan tinggi banyak terdengar mahasiswa yang gagal dalam menjalani pendidikannya, hal tersebut biasanya dikarenakan tidak selaras nya minat bakat dengan jenjang pendidikan yang ia jalani, hal tersebut di perkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh Andi. A. N dan kawan-kawan pada jurnalnya yang berjudul Psychological well-being ditinjau dari coping strategy mahasiswa salah jurusan”. Kegagalan dalam menjalani pendidikan tersebut mengakibatkan mahasiswa tersebut harus terhenti di pertengahan dan Drop Out.  Demi mengatasi Problema tersebut dilakukan penjurusan bagi individu yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan memanfaatkan ketertarikan individu tersebut yang dinilai dari minat bakat dan kepribadiannya.   Dalam melakukan pemilihan jurusan tersebut dilakukan analisis perbandingan  metode mamdani, Tsukamoto, dan sugeno  pada logika fuzzy  untuk mendapatkan nilai tertinggi dari program studi yang sesuai dengan minat bakat individu tersebut.. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah  perbandingan nilai beberapa metode pada logika fuzzy  dalam menghitung kemampuan siswa  pada program studi yang sesuai dengan  minat bakatnya. Serta model pemilihan program studi menggunakan logika fuzzy yang paling akurat.
Kata kunci: Pendidikan, Minat, Bakat, Kepribadian, Logika Fuzzy.
 
			URI 
			
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2102050008 
			Keyword