Strategi Pengembangan Objek Wisata Berbasis Masyarakat di Wisata Telaga Gupit Kabupaten Pringsewu
Telaga Gupit merupakan salah satu wisata alam yang ada di Kabupaten Pringsewu.
Secara geografis Telaga Gupit berada di Desa Tegalsari, Kecamatan Gadingrejo,
Kabupaten Pringsewu. Wisata Telaga Gupit sangat potensial untuk dikembangkan dengan
pariwisata berbasis masyarakat atau Community Based Tourism (CBT) karena wisata ini
dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Telaga Gupit dan letak wisata ini
dekat dengan permukiman masyarakat sehingga dapat memudahkan akomodasi menuju
dan dari wisata Telaga Gupit ini. Wisata Telaga Gupit menyajikan keindahan alam
dengan suasana yang sejuk dan asri dengan daya tarik wisata wahana air yang dapat
dinikmati oleh pengunjung yang berkunjung ke Wisata Telaga Gupit ini. Dalam
mengembangkan wisata Telaga Gupit terdapat masalah yang menghambat pengembangan
wisata diantaranya kurangya pengelolaan oleh pokdarwis Telaga Gupit dan sumber air
Telaga yang murni tadah hujan dan tidak dialiri oleh sumber air manapun, air di Telaga
Gupit juga mengikuti musim dimana ketika musim hujan air telaga ini terisi penuh dan
ketika musim kemarau air di telaga ini kering. Tujuan dari Penelitian ini adalah
merumuskan strategi untuk pengembangan wisata Telaga Gupit berbasis masyarakat.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode analisis dekskriptif kualitatif
dan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan teori yang didasarkan pada analisis
SWOT yang dikemukakan oleh Hunger dan Wheleen dalam penentuan strategi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi untuk pengembangan wisata berbasis masyarakat
di Wisata Telaga Gupit Kabupaten Pringsewu adalah strategi Strenght – opportunity (SO)
atau strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Adapun strategi
SO yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Mengoptimalkan sumber daya atau potensi
yang ada di Wisata Telaga Gupit dan memaksimalkan Proses Pemberdayaan masyarakat.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2012230002
Keyword