(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Strategi Pengembangan Objek Wisata Berbasis Masyarakat di Wisata Telaga Gupit Kabupaten Pringsewu


Telaga Gupit merupakan salah satu wisata alam yang ada di Kabupaten Pringsewu. Secara geografis Telaga Gupit berada di Desa Tegalsari, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Wisata Telaga Gupit sangat potensial untuk dikembangkan dengan pariwisata berbasis masyarakat atau Community Based Tourism (CBT) karena wisata ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Telaga Gupit dan letak wisata ini dekat dengan permukiman masyarakat sehingga dapat memudahkan akomodasi menuju dan dari wisata Telaga Gupit ini. Wisata Telaga Gupit menyajikan keindahan alam dengan suasana yang sejuk dan asri dengan daya tarik wisata wahana air yang dapat dinikmati oleh pengunjung yang berkunjung ke Wisata Telaga Gupit ini. Dalam mengembangkan wisata Telaga Gupit terdapat masalah yang menghambat pengembangan wisata diantaranya kurangya pengelolaan oleh pokdarwis Telaga Gupit dan sumber air Telaga yang murni tadah hujan dan tidak dialiri oleh sumber air manapun, air di Telaga Gupit juga mengikuti musim dimana ketika musim hujan air telaga ini terisi penuh dan ketika musim kemarau air di telaga ini kering. Tujuan dari Penelitian ini adalah merumuskan strategi untuk pengembangan wisata Telaga Gupit berbasis masyarakat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode analisis dekskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan teori yang didasarkan pada analisis SWOT yang dikemukakan oleh Hunger dan Wheleen dalam penentuan strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi untuk pengembangan wisata berbasis masyarakat di Wisata Telaga Gupit Kabupaten Pringsewu adalah strategi Strenght – opportunity (SO) atau strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Adapun strategi SO yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Mengoptimalkan sumber daya atau potensi yang ada di Wisata Telaga Gupit dan memaksimalkan Proses Pemberdayaan masyarakat.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2012230002

Keyword