(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Sebaran Reklame Billboa rd Terhadap Lokasi Dan Nilai Pajak Reklame Berbasis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus : Bandar Lampung)


Analisis Sebaran Reklame Billboard Terhadap Lokasi Dan Nilai Pajak Reklame Berbasis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus : Bandar Lampung) Wisnu Ananda Putra ¹ Dr. Ir.Bambang Edhi Leksono, M.Sc., ² Agel Vidian Krama, S.Pd.,M.Sc.1 ¹Institut Teknologi Sumatera, Teknik Geomatika ²Institut Teknologi Bandung, Teknik Geodesi dan Geomatika Email : wisnu.23116083@student.itera.ac.id ABSTRAK Iklan menjadi salah satu sarana promosi serta informasi yang efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli benda konsumsi yang akan digunakan. Sarana periklanan terutama di Kota Bandar Lampung, yang salah satunya saat ini marak adalah melalui media reklame, baik reklame papan/billboard/megatron, kain, sticker, selebaran, udara, suara, film/slide, dan lainnya. Pada praktiknya penempatan reklame di suatu kota, seringkali tidak mempertimbangkan rencana tata ruang kota yang sebenarnya yang telah ditentukan dalam suatu peraturan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebaran reklame billboard terhadap aspek pajak dan lokasi di wilayah Kota Bandar Lampung serta untuk mengevaluasi tatanan lokasi titik reklame billboard dan penerimaan pajak dari tiap titik reklame yang berpotensi didirikan billboard di Kota Bandar Lampung. Pada proses nya peneliti menggunakan metode analisis buffer untuk mengidentifikasi titik yang tidak sesuai dengan aturan dan wilayah yang berpotensi didirikan pajak reklame billboard bertiang satu. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 3341 titik reklame billboard di Kota Bandar Lampung dengan total pajak Rp 14.366.195.358,76. dan terdapat dua puluh tujuh titik reklame billboard yang peletakannya tidak sesuai dan terdapat sembilan belas potensi titik reklame billboard pada ruas ruang milik jalan di jalan kelas utama. Kata Kunci: reklame billboard, pendapatan pajak, pelanggaran dan potensi

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2009070013

Keyword