(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

[SIPIL - 2019] Analisis Koordinasi Persimpangan Bersinyal Pada Ruas Jalan Urip Sumoharjo – Endro Suratmin


Persimpangan menjadi bagian penting untuk melancarkan arus perpindahan manusia, barang ataupun jasa. Meski simpang sudah terfasilitasi dengan lampu lalu lintas, banyak simpang yang memiliki permasalahan karena jarak yang berdekatan. Jarak tersebut mengakibatkan kendaraan akan selalu berhenti pada tiap simpang, sehingga perlu adanya koordinasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi koordinasi antar simpang bersinyal pada ruas Endro Suratmin-Urip Sumoharjo dan mendapatkan koordinasi yang tepat untuk dapat mengurangi waktu tundaan dan antrian. Data primer yang didapatkan yaitu antara lain survei volume lalu lintas, waktu sinyal , geometrik simpang dan kondisi lingkungan sekitar simpang. Analisis yang dilakukan pada kondisi existing dengan meninjau syarat koordinasi pada ketiga simpang. Selanjutnya, akan dianalisa kinerja semua simpang pada jam puncak pagi dan sore. Data Kinerja terjenuh meliputi derajat kejenuhan, panjang antrian dan tundaan yang akan digunakan pada perencanaan waktu siklus baru sesuai dengan teori koordinasi. Waktu siklus yang akan dikoordinasikan adalah waktu siklus yang terpilih dari beberapa perencanaan yang dilakukan. Pada kondisi existing pada saat jam puncak nilai rata rata panjang antrian sebesar 793 meter dan tundaan yang dihasilkan sebesar 903 detik. Setelah dilakukan perencanaan, dengan waktu siklus baru sebesar 83 detik yang berdasar pada teori koordinasi didapatkan hasil rata-rata panjang antrian sebesar 61,33 meter dan tundaan yang dihasilkan sebesar 34,14.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB1910010005

Keyword
Persimpangan Koordinasi Panjang Antrian dan Tundaan