(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

[GEOMATIKA - 2019] Studi Deformasi Jembatan Layang Jalan Teuku Umar - Jalan Z.A. Pagar Alam Secara Geodetik Dalam Menentukan Kelayakan Dinding Jembatan Akibat Retakan


Jembatan layang Jalan Teuku Umar dan Jalan Z.A. Pagar Alam merupakan jembatan yang cukup penting bagi aktifitas keseharian masyarakat Kota Bandar Lampung. Dilaporkan pada saat proses pembangunannya jembatan tersebut terdapat sejumlah permasalahan, dimana terjadi retakan pada dinding jembatan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendapatkan nilai deformasi dan memberikan informasi mengenai kelayakan dinding jembatan. Tahapan awal dalam penelitian ini yaitu melakukan pra analisa optimasi deformasi guna mengetahui nilai deformasi maksimum dan ketelitian instrumen. Metode pengamatan yang dilakukan dalam proses survei deformasi yaitu perpotongan kemuka (intersection) dalam sistem koordinat kartesian lokal. Data ukuran yang didapat kemudian dilakukan perhitungan koordinat agar mendapat nilai deformasi setiap epok. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah nilai deformasi terkecil yang dihasilkan yaitu sebesesar 0 mm, sedangkan nilai deformasi terbesar yang dihasilkan sebesar 5 mm. Kemudian kondisi dinding jembatan layang Jalan Teuku Umar dan Jalan Z.A. Pagar Alam termasuk kedalam kategori layak dalam batas layan jembatan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB1909270009

Keyword
jembatan pra analisa deformasi layak