(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

[PWK - 2016] Analisis Peluang Pergeseran Penggunaan Jalan Arteri Ke Jalan Tol Studi Kasus: Dampak Pembangunan Jalan Tol Bandar Lampung-Metro


Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera segmen Bandar Lampung-Metro terdapat pada ruas Bakauheni-Terbanggi Besar telah dituangkan oleh presiden melalui Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014 Tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol Di Sumatera, dan Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014. Tugas akhir ini bertujuan untuk melihat peluang pergeseran yang terjadi dari pengguna jalan arteri (jalur reguler) ke jalan tol. Sasaran untuk mencapai tujuan antara lain: mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan masyarakat untuk pindah dari menggunakan jalan arteri ke jalan tol; dan menghitung peluang pemilihan rute jalan arteri dan jalan tol. Fokus yang lebih dominan pada penelitian ini pada konsep peluang serta sensitivitas jalan arteri dan jalan tol terhadap faktor-faktor yang memberikan pengaruh. Penelitian hanya dilakukan di wilayah Kota Bandar Lampung, Kota Metro dan ruas Bandar Lampung-Metro. Model perhitungan peluang pemilihan masing-masing jalan yang digunakan adalah model logit binomial dan untuk mengetahui respon masyarakat pelaku perjalanan Bandar Lampung-Metro menggunkan teknik stated preference. Peluang pergeseran berdasarkan analisis sensitivitas biaya perjalanan, waktu tempuh dan kemudahan rute, menunjukan peningkatan kinerja jalan tol dapat mendorong masyarakat pelaku perjalanan Bandar Lampung-Metro untuk sanggup melakukan pertambahan biaya dengan selisih waktu tempuh dari jalan reguler tidak terlalu besar (lebih lama) atau terlalu kecil (lebih cepat).

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB1803280005

Keyword
Pemilihan Rute Binomial Logit Stated Preference