(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Struktut Hirarkis Jalur Kereta Api SDT Menggunakan Petri Net dan Aljabar Max-Plus


View/Open

Author
Tri, Utomo

Advisor
Subiono,

Koleksi
Proceedings

Publisher


Masih tingginya perbedaan pembangunan antara kota-kota besar dan daerah di sekitarnya menyebabkan terjadinya proses perpindahan, yaitu berupa pengangkutan barang maupun manusianya itu sendiri (arus urbanisasi) atau biasa dikenal dengan istilah transportasi. Dalam mengatasi permasalahan transportasi ini pemerintah menetapkan beberapa kebijakan salah satunya yaitu pembangunan jalur kereta api double track yang saat ini untuk Lintas Utara Pulau Jawa telah selesai pengerjaannya dan untuk Lintas Selatan Pulau Jawa masih terhambat dengan masalah pembebasan lahan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari solusi alternatif dalam mengatasi permasalahan transportasi khususnya jalur kereta api dengan mengoptimalkan penggunaan jalur kereta api single track (ST) yang dalam penelitian ini diberi istilah semi-double track (SDT) menggunakan Petri Net dan Aljabar Max-Plus. Dalam mengerjakan penelitian ini, dibuat model Petri Net dari jalur kereta api SDT. Model tersebut dibuat berdasarkan aturan struktur hirarkis arah jalur lintasannya, sehingga tidak ada kemungkinan terjadinya kemacetan (bottelneck). Kemudian membuat model Aljabar Max-Plus dari model Petri Net yang sudah didapatkan, dan terakhir menganalisis sifat keperiodikan sistem tersebut berdasarkan hasil simulasi model Aljabar Max-Plus, yaitu didapatkan nilai eigen , yang berarti bahwa keberangkatan kereta api yang berjalan searah pada tiap-tiap stasiun adalah setiap 32 menit sekali.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB1802220003

Keyword