(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Struktur Hirarkis Jalur Kereta Api Semi-Double Track Menggunakan Petri Net dan Aljabar Max-Plus


View/Open

Author
Tri, Utomo

Advisor
Subiono,

Koleksi
Lecturer Theses

Publisher
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Masih tingginya perbedaan pembangunan antara kota-kota besar dan daerah di sekitarnya menyebabkan terjadinya proses perpindahan yaitu berupa pengangkutan barang maupun manusianya itu sendiri (arus urbanisasi) atau biasa dikenal dengan istilah transportasi. Dalam mengatasi permasalahan transportasi ini pemerintah menetapkan beberapa kebijakan salah satunya yaitu pembangunan jalur kereta api double track yang saat ini untuk Lintas Utara Pulau Jawa telah selesai pengerjaannya dan untuk Lintas Selatan Pulau Jawa masih terhambat dengan masalah pembebasan lahan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari solusi alternatif dalam mengatasi permasalahan transportasi khususnya jalur kereta api dengan mengoptimalkan penggunaan jalur kereta api single track yang dalam penelitian ini diberi istilah semi-double track menggunakan Petri Net dan Aljabar Max-Plus. Dalam mengerjakan penelitian ini dikontruksi model Petri Net dari jalur kereta api semi-double track. Model tersebut dikontruksi berdasarkan aturan struktur hirarkis arah jalur lintasannya, sehingga tidak terjadi deadlock. Kemudian mengkontruksi model Aljabar Max-Plus dari model Petri Net yang sudah didapatkan dan terakhir menganalisis sifat keperiodikan sistem tersebut berdasarkan model Aljabar Max-Plus yaitu didapatkan nilai eigen

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB1802220002

Keyword
Aljabar Max-Plus, Petri Net, Railways, Semi-Double