PENINGKATAN PELAYANAN KLINIK KECANTIKAN PUSPITA BANDAR LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN LEAN HOSPITAL
Pasar industri kecantikan di Indonesia merupakan pasar terbesar ketiga di Asia.
Pertumbuhan industri kecantikan tersebut membuat persaingan antar perusahaan
menjadi semakin ketat untuk memenangkan pasar. Suatu perusahaan harus dapat terus
meningkatkan kualitas pelayanannya untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan
dan dapat terus bersaing. Klinik Kecantikan Puspita Bandar Lampung memiliki
beberapa permasalahan yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan. Permasalahan
tersebut yaitu tidak adanya pengelolaan terhadap voice of customer (VOC), terjadinya
kesalahan pemberian produk, terjadinya kesalahan dalam proses billing serta waktu
tunggu pelayanan yang tinggi. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini
bertujuan untuk meningkatan kualitas pelayanan Klinik Kecantikan Puspita Bandar
Lampung. Peningkatan kualitas pelayanan dilakukan dengan melakukan perbaikan
terhadap waktu tunggu pelayanan dengan menggunakan prinsip lean hospital. Hasil
dari penelitian ini yaitu reduksi pada durasi aktivitas yang tidak bernilai tambah
sebanyak 30% pada kombinasi pelayanan konsultasi, treatment dan produk. Reduksi
pada durasi aktivitas yang tidak bernilai tambah sebanyak 26% pada kombinasi
pelayanan konsultasi, dan treatment. Reduksi pada durasi aktivitas yang tidak bernilai
tambah sebesar 56% pada kombinasi pelayanan treatment, dan produk serta reduksi
pada durasi aktivitas yang tidak bernilai tambah sebesar 52% pada pelayanan
treatment..
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106100015
Keyword