(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENINGKATAN PELAYANAN KLINIK KECANTIKAN PUSPITA BANDAR LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN LEAN HOSPITAL


Pasar industri kecantikan di Indonesia merupakan pasar terbesar ketiga di Asia. Pertumbuhan industri kecantikan tersebut membuat persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat untuk memenangkan pasar. Suatu perusahaan harus dapat terus meningkatkan kualitas pelayanannya untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan dapat terus bersaing. Klinik Kecantikan Puspita Bandar Lampung memiliki beberapa permasalahan yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan. Permasalahan tersebut yaitu tidak adanya pengelolaan terhadap voice of customer (VOC), terjadinya kesalahan pemberian produk, terjadinya kesalahan dalam proses billing serta waktu tunggu pelayanan yang tinggi. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kualitas pelayanan Klinik Kecantikan Puspita Bandar Lampung. Peningkatan kualitas pelayanan dilakukan dengan melakukan perbaikan terhadap waktu tunggu pelayanan dengan menggunakan prinsip lean hospital. Hasil dari penelitian ini yaitu reduksi pada durasi aktivitas yang tidak bernilai tambah sebanyak 30% pada kombinasi pelayanan konsultasi, treatment dan produk. Reduksi pada durasi aktivitas yang tidak bernilai tambah sebanyak 26% pada kombinasi pelayanan konsultasi, dan treatment. Reduksi pada durasi aktivitas yang tidak bernilai tambah sebesar 56% pada kombinasi pelayanan treatment, dan produk serta reduksi pada durasi aktivitas yang tidak bernilai tambah sebesar 52% pada pelayanan treatment..

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106100015

Keyword