(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

MODELLING POPULARITAS IDOL K-POP MENGGUNAKAN RICHARD’S CURVE


Fenomena budaya Korea atau Hallyu sudah semakin tersebar ke berbagai Negara. Dari beberapa produk Hallyu seperti Drama, Film, dan KPOP, yang dibahas pada penelitian ini yakni dunia K-POPnya. Artis yang memiliki aliran musik pop Korea ini sering disebut idol. Semakin banyak idol yang hadir dari berbagai agensi entertainment Korea, semakin membuat idol harus berpikir bagaimana untuk tetap bertahan dan disukai banyak penggemarnya. Adapun idol yang akan dilihat dinamika popularitasnya antara lain adalah BTS, Blackpink, dan Super Junior sebagai idol senior. Tujuan pengerjaan tugas akhir ini adalah memperoleh model yang dapat mengukur popularitas idol dan melihat hubungannya dengan pemberitaan di media. Data yang didapatkan dari Google Trend dikumulasikan dan dimodelkan dengan model Richard’s Curve. Empat parameter optimal dan terbaik diperoleh menggunakan Least Square Method, dan memberikan nilai RMSE terkecil. Dari model dan parameter yang didapatkan, dibahas mengenai laju pertumbuhan masing-masing idol. Laju pertumbuhan dari ketiga idol tidak jauh berbeda yakni BTS 0.0343546, Blackpink 0.0287396, dan Super Junior 0.044827. Jika carrying capacity untuk ketiga idol yakni BTS 6933.7698942, Blackpink 4414.3035344, dan Super Junior 3850.3646655. Dilihat dari carrying capacity yang dihasilkan, untuk data BTS dan Blackpink masih akan ada peningkatan popularitas dibandingkan data Super Junior. Dari proses dan parameter yang telah dihasilkan, kesimpulannya diperoleh tiga model dari Richard’s Curve untuk ketiga idol, dan ternyata pemberitaan media cukup mempengaruhi popularitas dari idol.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2108290003

Keyword