(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS NILAI KOEFISIEN KEKASARAN SALURAN BERDASARKAN MATERIAL DASAR ANGKUTAN SEDIMEN (BED-LOAD) DI SUNGAI WAY TAPUS


ABSTRAK ANALISIS NILAI KOEFISIEN KEKASARAN SALURAN BERDASARKAN MATERIAL DASAR ANGKUTAN SEDIMEN (BED-LOAD) DI SUNGAI WAY TAPUS Oleh JEFRI PERDANA ADI PRASETYO 21116122 Program Studi Teknik Sipil Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan Sungai alami atau buatan memiliki material dasar angkutan sedimen (Bed-Load). Material tersebut memiliki bentuk dan ukuran butiran yang beragam, yang memberikan efek hambatan terhadap kecepatan aliran dan debit aliran sehingga dapat mengganggu pendistribusian air. Efek hambatan dinyatakan dalam Nilai Koefisien kekasaran Manning (n). Nilai (n) perlu dicari agar tidak terjadi kesalahan sehingga memiliki nilai akurasi yang tinggi. Nilai Koefisien kekasaran Manning (n) yang sering digunakan hanya berdasarkan Tabel n Manning. Selain Tabel n-Manning, nilai koefisien kekasaran dapat dicari berdasarkan pendekatan parameter hidraulik, geometeri saluran dan material dasar angkutan sedimen dengan menggunakan persamaan Metode Keulegan, Mayer-Peter-Muller, Lane dan Carlson, Henderson, Raudkidvi, Subramaya dan Wong dan Parker. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari pengukuran dan pengamatan di lapangan dan data sekunder yang didapat dari penelitian Sofayana (2020). Nilai koefisien kekasaran Manning berdasarkan parameter hidraulik bernilai 0,096-0,148; geometri saluran bernilai 0,069-0,136; dan gradasi material dasar angkutan sedimen yaitu Metode Keulegan 0,011-0,013; Metode Mayer-Peter-Muller 0,012-0,016; Metode Lane dan Carlson 0,014-0,018; Metode Henderson 0,009-0,012; Metode Raudkidvi 0,011-0,014; Metode Subramaya 0,013-0,016; Metode Wong dan Parker 0,012-0,015. Hasil analisis nilai koefisien kekasaran dari berbagai metode yang digunakan untuk menghitung debit aliran berupa besaran nilai rata-rata persen error debit perhitungan terhadap debit terukur yang terjadi yaitu parameter geometri sebesar 15,587%, Metode Keulegan 998,937%, Metode Mayer-Peter-Muller 813,850%, Metode Lane dan Carlson 702,451%, Metode Henderson 1141,341%, Metode Raudkidvi 920,442%, Metode Subramaya 811,884

Publisher


URI
http://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2108240006

Collection
Teknik Sipil