(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

KAJIAN KINERJA STANDAR PELAYANAN MINIMUM KERETA API PENUMPANG (KUALA STABAS) RUTE TANJUNG KARANG - BATURAJA


Kereta api Kuala Stabas merupakan salah satu kereta api penumpang yang beroperasi di DAOP IV Tanjung Karang. Kereta ini mengalami peningkatan jumlah penumpang selama tiga tahun terakhir 2018-2020. PT. KAI sebagai penyelenggara tunggal angkutan kereta perlu melakukan pengukuran terhadap kinerja perusahaan secara periodik, guna menjaga eksistensi perusahaan. Penelitian ini bertujuan mendapat gambaran terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan PT. KAI, pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pengguna jasa dan kepada petugas stasiun. Pengukuran kinerja operasional juga dilakukan dengan observasi lapangan dengan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan. No. 63 Tahun 2019 terkait standar pelayanan minimum. Analisis data menggunakan metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Hasil analisis terhadap kepuasan pengguna jasa kereta api dengan metode Customer Satisfaction Index didapatkan nilai sebesar 81,62%, nilai tersebut menunjukkan pengguna kereta api sangat puas terhadap kinerja perusahaan. Analisis data berdasarkan metode IPA terdapat fasilitas perbaikan yang perlu diprioritaskan yakni asuransi kecelakaan. Perbaikan pada fasilitas ini perlu dilakukan oleh penyedia jasa untuk tetap menjaga kualitas layanan. Hasil observasi lapangan terdapat beberapa fasilitas yang belum tersedia di dalam kereta api yakni, kursi/tempat duduk prioritas bagi penyandang disabilitas, serta fasilitas yang belum diterapkan di stasiun antara lain; belum tersedia tombol alarm, call center, dan lift, belum diterapkan loket khusus/vending machine untuk penumpang disabilitas. Kata Kunci: Kereta api Kuala Stabas, Stasiun Tanjung Karang, Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2108180012

Keyword