(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan User Interface dan Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pocket Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera dengan Pendekatan Goal Directed Design


Aplikasi pocket mahasiswa ITERA merupakan aplikasi mobile berbasis android, yang mempermudah mahasiswa dalam mengakses informasi tentang semua kegiatan baik akademik maupun non-akademik. Aplikasi pocket mahasiswa ITERA pada awalnya dirancang seadanya untuk memenuhi kebutuhan institusi tanpa adanya penelitian langsung ke user utama yakni mahasiswa ITERA sehingga membuat tujuan dan keinginan dari user belum tercapai. Tahapan untuk melakukan perancangan rekomendasi antarmuka pengguna baru menggunakan pendekatan Goal directed design (GDD) yang merupakan metode yang berfokus pada tujuan (goal) yang ingin dicapai oleh user. Sebelum melakukan perancangan beberapa faktor pada user experience yang menjadi tolak ukur evaluasi usability berdasarkan masalah yang dihadapi pada aplikasi pocket adalah kemudahan penggunaan (ease of use), kemampuan belajar (learnability), kepuasan pengguna (user satisfaction), efektif (effective). Pengukuran usability menggunakan 3 metode yakni system usablity scale (SUS), single ease question (SEQ), customer satistfaction (CSAT). Hasil evaluasi akhir pada rekomendasi rancangan antarmuka pengguna baru (development product) menunjukkan peningkatan nilai usability yanng signifikan dibandingkan dengan existing product. Kata Kunci: User Interface, User Experience, Goal Directed Design, System Usability Scale, Usability

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106090028

Keyword