(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENENTUAN PARAMETER PADA MODEL PERSAINGAN PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN LOGISTIK DI INDONESIA


Perkembangan perdagangan elektronik atau biasa dikenal dengan ecommerce di Indonesia dalam lima tahun terakhir menunjukan peningkatan yang sangat pesat. Banyaknya penggunaan layanan platform belanja digital seperti Tokopedia, Shopee, Blibli dan Lazada sejalan dengan peningkatan transaksi dan permintaan pengiriman barang. Dengan meningkatnya laju penggunaan jasa layanan pengiriman barang, banyak perusahaan penyedia jasa logistik ini berupaya untuk meningkatkan kinerja dan performa untuk menyajikan layanan terbaik untuk konsumen di seluruh Indonesia. Pada platform belanja digital banyak pilihan layanan pengiriman barang yang dapat dipilih oleh konsumen, tiga diantaranya yang cukup terkenal yaitu JNE, J&T Express dan Pos Indonesia. Dengan meggunakan model Lotka-Volterra Dua Spesies untuk menentukan besar parameter persaingan antar kedua perusahaan dengan menggunakan beberapa asumsi. Kemudian akan dicari nilai galat terkecil untuk menentukan nilai parameter yang cukup baik dan dapat mencerminkan data aktual. Nilai parameter persaingan yang diperoleh dari penelitian ini sebesar 0.009 untuk J&T Express dan 0.02 untuk Pos Indonesia. Kata kunci : E-commerce, Pengiriman logistik, JNE, J&T Express, Pos Indonesia

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106080043

Keyword