(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL EMPAT LENGAN DI JL. KH. NOER ALI – JL. JENDRAL AHMAD YANI – JL. MAYOR MADMUIN HASIBUAN


Pertambahan kendaraan bermotor setiap tahun yang tidak diimbangi dengan penambahan ruas jalan berdampak terhadap menurunnya kinerja jalan terutama pada jam puncak pagi dan sore. Tingkat kepadatan lalu lintas yang terjadi pada simpang bersinyal Jl. A. Yani dengan Jl. M. Hasibuan – Jl. KH. Noer Ali kota Bekasi yang berada di pusat kota ini diakibatkan oleh tingginya volume kendaraan yang melalui simpang tersebut. Hal ini menjadikan simpang tersebut padat terutama pada jam puncak sehingga berpengaruhi terhadap kapasitas, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan simpang (Level of Service). Untuk mengetahui kondisi operasional simpang dan mendapatkan data yang akurat maka dilakukan survei secara langsung, yaitu meliputi survei volume lalu lintas, survei geometrik simpang dan survei waktu sinyal lalu lintas. Survei dilakukan pada jam puncak pagi, siang dan sore selama 3 hari. Metode pengolahan data hasil survei dianalisis menggunakan software PTV VISSIM dan PKJI 2014. Evaluasi hasil analisis PKJI tentang tingkat pelayanan simpang bersinyal tersebut menunjukkan bahwa tingkat pelayanan simpang pada level pada pendekat Utara (dari summarecon) adalah C, pendekat Selatan (dari Pekayon) adalah B, pendekat Barat (dari kalimalang) adalah D, dan pendekat Timur (dari cikarang) adalah E, disimulasikan menggunakan VISSIM, pendekat Utara dan Selatan menjadi B, sedangkan pada pendekat Barat dan Timur menjadi D. Alternatif perencaaan yang dilakukan untuk mengurangi kemacetan adalah dengan mengatur ulang waktu persinyalan. Maka dari itu dilakukan simulasi VISSIM dan diperoleh sebuah hasil dari perencanaan tersebut yaitu pendekat Utara dan Selatan adalah C, sedangkan pada pendekat Barat dan Timur adalah B.

Publisher


URI
http://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106040014

Collection
Teknik Sipil