(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS DAN PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE SOCIAL COMMERCE DENGAN MENGINTEGRASIKAN DESIGN THINKING KE DALAM METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: THE SHONET)


Meningkatnya jumlah transaksi jual beli secara daring membuat social network untuk menambahkan fitur penjualan di dalam platformnya. Social commerce merupakan dalam melakukan transaksi jual beli saat ini yang menerapkan konsep sosial pada suatu e-commerce. The Shonet menerapkan hal yang serupa ke dalam platformnya. Untuk meningkatkan usability situs web The Shonet Shop, maka penulis melakukan evaluasi untuk mengetahui permasalahan yang ada dengan mengintegrasikan Design Thinking ke dalam metode User Centered Design (UCD) dengan metode evaluasi Heuristic Evaluation. Hasil Heuristic Evaluation pada tahap empathize terhadap antarmuka dan pengalaman pengguna existing product, yaitu situs web The Shonet Shop, semua aspek usability mendapatkan persentase kelayakan yang berada di bawah range 74%. Berdasarkan skor tersebut semua aspek diperlukan adanya perbaikan. Sedangkan hasil Heuristic Evaluation pada tahap test terhadap rancangan usulan antarmuka dan pengalaman pengguna, semua aspek usability mendapatkan persentase kelayakan di atas range 90%. Berdasarkan peningkatan pada persentase kelayakan rancangan usulan yang dilakukan, semua aspek tidak memerlukan perbaikan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106030024

Keyword