(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI LAYANAN PESAN ANTAR MENGGUNAKAN UX HONEYCOMB DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) (Studi komparatif terhadap GoFood dan GrabFood)


Dalam suatu aplikasi, ada beberapa hal yang memengaruhi kepuasan pengguna untuk terus menggunakan aplikasi tersebut, salah satunya adalah pengalaman pengguna (user experience). Penelitian ini ditujukan untuk membandingkan tingkat pengalaman pengguna dari aplikasi layanan pesan antar makanan GoFood dan GrabFood dengan melakukan evaluasi menggunakan metode UX Honeycomb dan User Experience Questionnaire (UEQ). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa tingkat pengalaman pengguna layanan GoFood dan GrabFood tidak berbeda secara signifikan. Akan tetapi, berdasarkan skala UEQ, GoFood sedikit lebih unggul pada 4 skala UEQ yaitu daya tarik, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan, sedangkan GrabFood hanya sedikit lebih unggul pada 2 skala, yaitu efisiensi dan kejelasan. Pada aspek UX Honeycomb, GoFood sedikit lebih unggul pada 5 aspek UX Honeycomb yaitu useful, findable, accessible, credible, dan valuable, sedangkan GrabFood unggul pada aspek usable dan desirable.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2102010020

Keyword