(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISA PERBANDINGAN KONDISI PERKERASAN JALAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN APLIKASI INTEGRATED ROAD MANAGEMENT SYSTEM (IRMS). (Studi Kasus : Jalan Yos Sudarso Bandar Lampung)


Untuk menjaga kondisi perkerasan agar tetap handal, di Indonesia memiliki program berkala dengan melakukan pengelolaan fungsional jalan secara objektif, yakni dengan database jalan (Integtrated Road Management System, IRMS) yang didalamnya terdapat input data survei seperti IRI (International Roughness Index), kelendutan jalan (FWD), lalu lintas harian rata-rata (RTC) dan inventarisasi jalan (RNI) didapatkan secara digital atau melalui sensor alat. Data tersebut tidak cukup untuk merepresentasikan kondisi dilapangan yang sebenarnya, maka perlu untuk melakukan pemeriksaan fungsional secara subjektif, yakni dengan melakukan penilaian terhadap jalan tersebut, salah satunya dengan metode manual Pavement Condition Index (PCI). Studi kasus terletak pada ruas jalan Nasional di Kota Bandar Lampung, yakni Jalan Yos Sudarso. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan, didapatkan nilai PCI 94,6 kategori good pada kode ruas 1702311 dan 92,6 kategori good pada kode ruas 1702312. Dari hasil konversi nilai PCI ke IRI didapatkan hasil yaitu 1,09 pada kode ruas 1702311 dan 3,23 pada kode ruas 1702312. Jenis penanganan antara metode manual mengacu berdasarkan Peraturan Mentri PU Nomor: 13/PRT/M/2011 yaitu pemeliharaan rutin dan hasil running pada aplikasi IRMS yaitu pemeliharaan rutin dengan nilai PCI 94,6 kode ruas 1702311 dan 96,8 kode ruas 1702312.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2101260009

Keyword