(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

HUBUNGAN TINGKAT PELAYANAN DENGAN PEMANFAATAN TERMINAL RAJABASA BERDASARKAN PERSEPSI MASYARAKAT DI KOTA BANDARLAMPUNG


Hubungan Tingkat Pelayanan dengan Pemanfaatan Terminal Rajabasa Berdasarkan Persepsi Masyarakat di Kota Bandarlampung Vika Triandanu (22116109) Pembimbing (Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T., Shahnaz Nabila Fuady, S.T., M.T) ABSTRAK Sarana dan prasarana transportasi yang memadai selalu dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan dalam pemenuhan kebutuhan mobilitas sehari-hari. Terminal merupakan salah satu prasarana transportasi yang penting untuk pemenuhan kebutuhan transportasi masyarakat. Kota Bandarlampung sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) memiliki terminal tipe A yaitu Terminal Rajabasa yang melayani kendaraan umum untuk angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) dan angkutan antar kota dalam provinsi (AKAP) namun keberadaan Terminal Rajabasa ini dinilai belum berfungi dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya pemanfaatan terminal dan pelayanan yang belum baik sehingga menyebabkan kegiatan tidak berpusat di Terminal Rajabasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pelayanan dengan pemanfaatan berdasarkan persepsi masyarakat di Kota Bandarlampung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui kondisi fisik dan aktivitas di Terminal Rajabasa, analisis skoring untuk mengetahui tingkat pelayanan berdasarkan aksesibilitas, keamanan, keteraturan, kenyamanan, kemudahan, keselamatan, dan kesetaraan dan tabulasi silang untuk mengetahui hubungan pemanfaatan dan pelayanan di Terminal Rajabasa. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, Terminal Rajabasa memiliki tingkat pelayanan yang cukup baik dan belum optimal pemanfaatannya berdasarkan persepsi masyarakat serta terdapat 19 variabel pelayanan yang memiliki hubungan dengan pemanfaatan, dua variabel yang memiliki hubungan kuat dan 17 variabel yang memiliki hubungan cukup kuat atau sedang. Pemanfaatan terminal sangat didorong oleh ketersediaan fasilitas sehingga perlu ditingkatkan kondisi fasilitas yang kondisinya tidak baik, cukup baik, dan kurang baik berdasarkan persepsi masyarakat. Hasil penelitian ini mengarahkan beberapa rekomendasi terkait peningkatan kualitas pelayanan di Terminal Rajabasa. Kata kunci: Hubungan, Persepsi Masyarakat, Terminal, Pelayanan, Pemanfaatan

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2101260004

Keyword