(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisa Kelayakan Teknis, Operasional, Ekonomi dan Finansial Kereta Bandara Internasional Radin Inten II Lampung Selatan


Provinsi Lampung merupakan provinsi terbesar kedua di Pulau Sumatera. Mengingat fungsi Kota Bandar Lampung sebagai ibu kota, pengaruhnya sangat signfikan pada peningkatan kebutuhan akan transportasi yang komrehensif dan optimal. Salah satu hal yang menjadi problematika dalam transportasi di Kota Bandar Lampung yaitu upaya penambahan moda transportasi, seperti halnya transpotasi menuju Bandara Internasional Raden Inten II yang telah bertaraf Internasional. Penelitian ini, dilakukan analisis terhadap kelayakan teknis, kelayakan operasional, kelayakan ekonomi dan finansial Kereta Bandara Internasional Radin Inten II Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan 3 skenario jumlah keterisian kereta bandara dimana skenario tersebut adalah skenario optimis, skenario moderate dan skenario pesimis. Kelayakan teknis dapat dikatakan layak beroperasi jika beberapa indikator terpenuhi adapun berdasarkan hasil analisa, bahwa kereta bandara belum layak beroperasi jika menggunakan jalur eksisting. Suatu proyek dinyatakan layak atau tidaknya secara ekonomi dan finansial dengan melakukan perbandingan terhadap parameter-parameter kelayakan seperti NPV, BCR, IRR, serta Payback Periode. Adapun berdasarkan hasil yang diperoleh terhadap parameter-parameter kelayakan yang dipakai menunjukkan pada analisis kelayakan ekonomi nilai tertinggi NPV: Rp. 32,490,236,361,014 > 0, BCR: 0,269, < 0> 0, Payback Periode 20 tahun, serta IRR: 6.36%. Dapat disimpulkan hanya pada skenario optimis menunjukkan bahwa semua parameter investasi layak untuk digunakan. Hasil dari analisis sensitivitas didapatkan bahwa proyek lebih sensitiv terhadap umur konsesi.

Publisher


URI
http://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2009100084

Collection
Teknik Sipil