(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Arahan Peningkatan Kualitas Pelayanan Penyeberangan Penumpang Rute Panjang-Tanjung Priok


Sejak Juni 2016, pemerintah melalui Kementerian perhubungan Dirjen Perhubungan laut secara resmi membuka rute penyeberangan penumpang dari Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, sebagai alternatif dari rute Bakauheni-Merak dengan tujuan untuk menyukseskan program tol laut dan juga mampu menjadi solusi dalam penanganan permasalahan kepadatan jalur transportasi. Namun dari kondisi eksisting penyeberangan rute Panjang-Tanjung Priok, masih terdapat beberapa kendala seperti waktu dan kualitas pelayanan yang menyebabkan rute ini kurang optimal dalam mendukung rute penyeberangan Bakauheni-Merak. Oleh karena itu, penting dilakukannya penelitian ini untuk melihat adanya perbedaan kedua rute penyeberangan serta mendorong pengembangan rute Panjang-Tanjung Priok yang optimal dari segi kualitas pelayanan dalam mendukung sistem transportasi laut nasional. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi arahan peningkatan kualitas pelayanan penyeberangan penumpang rute Panjang-Tanjung Priok. Tiga sasaran untuk menjawab tujuan tersebut, yaitu 1) Teridentifikasi faktor yang paling mempengaruhi preferensi penumpang memilih rute penyeberangan Panjang-Tanjung Priok; 2) Teridentifikasi tingkat pelayanan eksisting penyeberangan penumpang rute Panjang-Tanjung Priok; 3) Terindentifikasi arahan peningkatan kualitas pelayanan penyeberangan penumpang rute Panjang-Tanjung Priok. Selanjutnya, metode analisis yang digunakan adalah analisis konjoin, analisis gap, dan analisis konten. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor yang paling penting dalam mempengaruhi preferensi penumpang penyeberangan memilih rute Panjang-Tanjung Priok yaitu faktor waktu sebesar 55,253%. Selain itu, banyaknya jenis pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan penumpang angkutan penyeberangan baik yang ada di Dermaga Ex Presiden Pelabuhan Tanjung Priok, kapal penyeberangan, dan Dermaga Kapal Roro Pelabuhan Panjang. Berdasarkan hasil analisis konten, perlunya peningkatan kualitas waktu dari segi ketepatan jadwal keberangkatan dan lama pelayaran, perbaikan jenis pelayanan yang tidak sesuai standar dan subsidi tarif oleh pemerintah. Hasil tersebut dijadikan pertimbangan dalam menentukan arahan peningkatan kualitas pelayanan penyeberangan penumpang rute Panjang-Tanjung Priok yang optimal dalam mendukung kesatuan sistem transportasi laut nasional. Kata kunci: Preferensi, Rute Penyeberangan, Kualitas Pelayanan, Arahan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2009090048

Keyword