(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Kepuasan Pengunjung Terhadap Sarana dan Prasarana Wisata di Kimal Park Bendungan Tirtashinta Wonomarto Kotabumi Utara


Dalam pengembangan objek wisata hal yang perlu diperhatikan tidak hanya daya tarik dan atraksi wisata tetapi juga mempertimbangkan aspek pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana pendukung kegiatan di dalam kawasan tersebut. Ketersediaan sarana dan prasarana wisata pendukung yang ada di objek wisata akan memberikan kepuasan kepada pengunjung yang datang. Kepuasan pengunjung dapat memberikan pengaruh terhadap minat untuk berkunjung kembali ke objek wisata, yang nantinya akan mempengaruhi peningkatan jumlah pengunjung yang datang. Sarana dan prasarana wisata pendukung telah tersedia di Kimal Park Bendungan Tirtashinta. Permasalahannya yang terjadi untuk beberapa tahun terakhir pengembangan objek wisata Kimal Park Bendungan Tirtashinta dinilai belum berjalan secara optimal. Hal itu dilihat melalui kondisi objek wisata yang kurang baik, keadaan objek wisata yang sepi oleh pengunjung, dan tidak ada peningkatan jumlah pengunjung yang datang ke objek wisata untuk beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kepuasan pengunjung terhadap sarana dan prasarana wisata di Kimal Park Bendungan Tirtashinta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis asosiasi korelatif berdasarkan data primer dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengunjung merasa cukup puas dengan sarana wisata dan kurang puas dengan prasarana wisata yang tersedia di objek wisata. Ketidakpuasan maupun cukup puas yang dirasakan oleh pengunjung dipengaruhi oleh jumlah, kebersihan fasilitas serta kondisi fisik sarana wisata dan kondisi fisik prasarana wisata yang tersedia.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2009090036

Keyword