(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

IMPLEMENTASI APLIKASI CHATBOT BERBASIS AIML MENGGUNAKAN CASE BASED REASONING PADA WEBSITE DIM ITERA (STUDI KASUS : PENGISIAN DIM PADA PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITERA)


Pada penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Sumatera (ITERA), pengisian data induk mahasiswa (DIM) adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Pada proses pengisian, mahasiswa baru seringkali mengalami kesulitan atau masalah. Mahasiswa baru dapat menyampaikan masalah tersebut ke website yang telah ditentukan. Masalah tersebut nantinya akan ditanggapi oleh tim PMB ITERA. Akan tetapi, tim PMB ITERA seringkali melewatkan beberapa pertanyaan dikarenakan jumlah pertanyaan yang tidak sebanding dengan anggota tim PMB ITERA. Untuk itu dibutuhkan sebuah aplikasi chatbot yang dapat memberikan respon secara cepat dan tepat terhadap pertanyaan yang diberikan. Aplikasi chatbot pada penelitian ini menerapkan metode Case Based Reasonig untuk proses pemberian respon dan penambahan pengetahuan chatbot. Representasi pengetahuan pada chatbot, menggunakan Artificial Intelligence Markup Language. Hasil pengujian menunjukkan nilai threshold ideal yaitu 55 dengan nilai accuracy yaitu 0,8 ; nilai recall yaitu 0,74 ; nilai precission yaitu 0,794 dan nilai F1 score yaitu 0,765.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2009090004

Keyword