(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENERAPAN METODE 9E-1M UNTUK MENUNJANG KEBERHASILAN PROGRAM PENINGKATAN KINERJA PADA APOTEK KKP BANDAR LAMPUNG


Klinik Kecantikan Puspita (KKP) merupakan salah satu unit usaha yang terkena dampak dari pandemi covid-19. KKP merupakan unit usaha di bidang jasa yang menjual perawatan dan produk kecantikan yang termasuk kebutuhan tersier manusia. Dampak yang dialami KKP sebelum dan sesudah pandemi covid-19 di Indonesia berupa turunnya pendapatan hingga Rp 475.865.690 pada bulan Mei. Rata-rata pendapatan yang turun harus diatasi, peningkatan kembali pendapatan bisa dimulai dari perbaikan pelayanan yang ada di KKP. Harapan dari perbaikan pelayanan di KKP akan bisa menjaring dan mempertahankan lebih banyak pelanggan. Perbaikan yang akan dirancang memerlukan identifikasi masalah, perancangan solusi terhadap masalah, dan sistem yang dapat membantu menjamin keberhasilan implementasi perbaikan hingga perbaikan keberlanjutan. Tujuan dari penelitian ini merupakan penyelesaian dari permasalahan utama yang telah diuraikan menjadi perancangan perbaikan di KKP. Metode yang digunakan untuk mengatasi uraian dari keperluan rancangan perbaikan adalah metode 9E-1M dengan pendekatan serta pemahaman konsep lean. Metode 9E-1M merupakan sistem operabilitas yang akan mengintegrasikan sepuluh elemen secara holistik dari identifikasi masalah hingga perbaikan keberlanjutan. Konsep lean dan pengembangannya yaitu lean thingking akan membantu tahapan-tahapan dalam metode 9E-1M untuk menyelesaikan masalah-masalah yang akan ditemukan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106140003

Keyword