(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

RANCANG BANGUN APLIKASI BERKENDARA SEPEDA BERBASIS VIRTUAL REALITY DAN ANDROID MENGGUNAKAN METODE AGILE


Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting. Agar kesehatan dapat tetap terjaga, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan, diantaranya menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan begizi serta diambangi dengan kegiatan olahraga secara teratur. Namun, pada kondisi pandemi Covid-19 saat ini, sebagian besar aktivitas, termasuk olahraga, harus dilakukan di dalam rumah untuk menghindari penularan virus. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat sebuah alat yang dapat menunjang kegiatan olahraga, seperti bersepeda dari dalam rumah berbasis virtual reality (VR). Pada penelitian dilakukan pembuatan sistem antarmuka berbasis Android untuk mendukung fungsi dari alat berolahraga dengan bersepeda berbasis VR. Metode pada penelitian ini menggunakan metode Agile yang berfokus pada pengembangan software dengan berbagai proses yang berulang. Sistem antarmuka yang dibuat berupa game 3D dan dirancang menggunakan software Unity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa button berjalan secara fungsional, pengujian FPS nilai minimum FPS yang didapatkan 44 sedangkan nilai maksimumnya 59 FPS, dan hasil persentase kuesioner yang didapatkan pada golongan efisiensi dan kegunaan terdapat pada rentang 60% - 79% yang hasilnya adalah layak. Kata kunci: Sistem Antarmuka,Virtual Reality, Android, Metode Agile, game 3D.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106070008

Keyword