(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

POTENSI PARIWISATA KABUPATEN BOGOR DALAM MENERAPKAN BRANDING SPORT AND TOURISM


ABSTRAK Sektor pariwisata sangat berpotensi dalam meningkatkan perekonomian daerah ataupun negara dengan upaya penyelenggaraan branding daerahnya. Kabupaten Bogor merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak daya tarik wisata yang beragam dan juga memiliki wisata olahraga yang bertaraf internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi potensi pariwisata Kabupaten Bogor dalam menerapkan branding Sport and Tourism. Metodologi yang digunakan adalah mixed method yakni pendekatan penelitian yang mengkombinasikan bentuk kualitatif untuk mengetahui variabel dan kriteria potensi pariwisata dari aspek 4A (Attraction, Aminities, Accessibility, Ancillary), serta karakteristik dari Kabupaten Bogor, dan bentuk kuantitatif untuk mengetahui potensi pariwisata Kabupaten Bogor. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kabupaten Bogor memperoleh nilai 35 yang berarti Kabupaten Bogor berpotensi menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu daya tarik utama yang dimiliki Kabupaten Bogor, yang dimana hal ini juga mendukung proses pencitraan kota atau branding “Sport and Tourism” yang dibangun pemerintah daerah Kabupaten Bogor. Kata Kunci: Identifikasi Potensi, Kabupaten Bogor, Pariwisata.

Publisher


URI
http://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106040043

Collection
Perencanaan Wilayah dan Kota