(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Persepsi Pengunjung Kualitas Rest Area Taman Gisting sebagai Ruang Publik


Ruang publik merupakan bagian elemen perkotaan yang memfasilitasi kebutuhan interaksi dan komunikasi masyarakat, serta menggambarkan kualitas ruang perkotaan. Penyediaan ruang publik berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat meliputi aktivitas sosial, ekonomi dan lingkungan serta mempengaruhi kualitas masyarakat, sehingga masyarakat membutuhkan ruang publik yang berkualitas. Taman sebagai ruang publik di Kabupaten Tanggamus belum terdistribusi merata karena hanya tersedia di 3 Kecamatan yaitu Taman Kota Ir. Soekarno di Kecamatan Kota Agung Pusat, Rest Area Taman Gisting di Kecamatan Gisting dan Rest Area Pugung di Kecamatan Pugung, menunjukkan penyediaan ruang publik belum memenuhi aspek distribusi dan kuantitas. Rest Area Taman Gisting terletak di Perkotaan Gisting memiliki peran penting sebagai landmark dan ruang publik, sehingga perlu diidentifikasi kualitasnya melalui persepsi pengunjung. Selain itu, penyediaan fasilitas yang mulai menurun kualitasnya dan berbagai permasalahan lain turut mempengaruhi kualitasnya sebagai ruang publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap kualitas Rest Area Taman Gisting sebagai ruang publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan metode skoring (skala likert). Berdasarkan hasil penelitian, persepsi pengunjung terhadap kualitas Rest Area Taman Gisting sebagai ruang publik yaitu cukup baik dalam memenuhi kebutuhan pengunjung, menunjukkan bahwa pengunjung merasa penyediaan sarana dan prasarana cukup mendukung aktivitas di Rest Area Taman Gisting. Rest Area Taman Gisting cukup baik dalam melindungi hak-hak pengunjung, menunjukkan bahwa pengunjung merasa cukup terlindungi haknya dan cukup bebas dalam mengakses sarana dan prasarana yang tersedia di Rest Area Taman Gisting. Rest Area Taman Gisting cukup baik dalam memberikan suatu kebermaknaan bagi pengunjung, menunjukkan bahwa pengunjung merasa cukup baik dengan adanya nilai-nilai, budaya dan kebermaknaaan selama beraktivitas di Rest Area Taman Gisting. Oleh karena itu, perlu adanya komitmen pemerintah bersama dengan stakeholders untuk meningkatkan kualitas responsibility, democraticity dan meaningsfully Rest Area Taman Gisting sebagai ruang publik Kata Kunci: Kualitas, Ruang Publik, Persepsi

Publisher


URI
http://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106030088

Collection
Perencanaan Wilayah dan Kota