(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

EVALUASI USABILITY DAN PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) / USER EXPERIENCE (UX) MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) (Studi Kasus : Website Helpdesk ITERA)


Institut Teknologi Sumatera merupakan salah satu institusi pendidikan yang memanfaatkan perkembangan TI untuk mencapai visi misinya melalui salah satu Unit Pelaksana Teknik (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan cara membuat website pengaduan masalah yang ada dikampus dengan alamat helpdesk.itera.ac.id. berdasarkan preliminary research yang sudah dilakukan, 41 dari 42 mahasiswa yang sudah pernah menggunakan website helpdesk setuju bahwa perlu dilakukan perbaikan antarmuka pada website helpdesk.itera.ac.id. untuk mengetahui apa yang membuat mahasiswa tidak nyaman saat menggunakan sistem adalah dengan melakukan evaluasi usability menggunakan metode Heuristic Evaluation yang akan dievaluasi dan dieksplorasi secara keseluruhan sistem oleh para expert dan akan dinilai kembali oleh end user (mahasiswa) menggunakan System Usability Scale (SUS). Setelah dilakukan penelitian, nilai usability yang terdapat pada website Helpdesk yang sekarang adalah sebesar 42,5 serta terdapat 25 permasalahan yang terbagi menjadi 9 aspek Heuristic Evaluation dan akan menjadi acuan untuk membuat hasil desain rekomendasi. Setelah itu dilakukan penilaian terhadap hasil desain rekomendasi yang dibuat, hasil desain rekomendasi mendapatkan nilai usability sebesar 71,6 dan itu berarti hasil desain rekomendasi mengalami peningkatan penilaian usability sebesar 29,1 dan pada nilai adjective rating juga mengalami 1 peningkatan (dari OK menjadi GOOD).

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2106030023

Keyword