(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Kepuasan Wisatawan Terhadap Fasilitas Di Objek Wisata Sipinsur, Sumatera Utara


Pengembangan pariwisata ditandai dengan banyaknya kunjungan pariwisata dan kunjungan pariwisata dipengaruhi oleh kepuasan wisatawan saat berkunjung ke suatu objek wisata. Stevianus (2014) menjelaskan bahwa, penyediaan dan pengelolaan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Oleh sebab itu, penyediaan dan pengelolaan fasilitas wisata menjadi satu hal yang sangat penting untuk dapat memberikan kepuasan kepada wisatawan maupun pengunjung yang datang. Fasilitas wisata telah tersedia di Objek Wisata Sipinsur. Permasalahannya adalah dalam RIPPARKAB Kabupaten Humbang Hasundutan dijelaskan bahwa tingkat perkembangan Objek Wisata Sipinsur masih perintis. Tingkat perkembangan ini menjelaskan bahwa tingkat kunjungan wisatawan masih tergolong rendah yang mengakibatkan daya tarik dan fasilitas yang tersedia di objek wisata ini belum memiliki arti ekonomi dan sosial bagi wisatawan maupun masyarakat yang berada di sekitar Objek Wisata Sipinsur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kepuasan wisatawan terhadap fasilitas di Objek Wisata Sipinsur, Sumatera Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis asosiasi korelatif berdasarkan data serta hasil observasi lapangan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sebagai objek wisata yang tingkat perkembangannya masih perintis, fasilitas yang disediakan belum memberikan kepuasan yang sangat puas, sebagian besar wisatawan maupun pengunjung masih merasa puas terhadap penyediaan dan pengelolaan fasilitas wisata. Sementara perbedaan karakteristik wisatawan tidak terlalu memiliki hubungan dengan tingkat kepuasan wisatawan. Hal ini dikarenakan karakteristik wisatawan dan pengunjung di Objek Wisata Sipinsur yang homogen. Hubungan yang kuat hanya antara ukuran atau jumlah keluarga dengan kepuasan terhadap jumlah sarana keamanan dan papan petunjuk arah. Oleh sebab itu, pihak pengelola perlu melakukan peningkatan penyediaan dan pengelolaan fasilitas di Objek Wisata Sipinsur, seperti jumlah sarana keamanan dan ketertiban, papan petunjuk arah, pembenahan tempat sampah, dan pemaksimalan fungsional dari tempat ibadah.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2105310012

Keyword