(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Strategi Pengembangan Pariwisata Dalam Rangka Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pekon Pasar Kecamatan Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat


Strategi Pengembangan Pariwisata Dalam Rangka Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pekon Pasar Kecamatan Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat Siti Zubaidah (22116029) Pembimbing (Dwi Bayu Prasetya, S.Si., M.Eng) ABSTRAK Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat No. 3 Tahun 2017 tentang Rencana Induk Pariwisata Daerah bahwa Kecamatan Pulau Pisang ditetapkan sebagai zona 3 pengembangan pariwisata daerah. Sehingga dengan diperdakannya RIPPDA tersebut membuktikan bahwa pemerintah daerah sangat memprioritaskan Kecamatan Pulau Pisang. Kemudian Berdasarkan PERDA No. 8 Tahun 2017 tentang RTRW Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2017-2037, Pekon Pasar salah satu fungsinya sebagai pusat pengembangan pariwisata di Kecamatan Pulau Pisang. Dalam proses pengembangan sektor pariwisata di Pekon Pasar ini, tidak hanya unsur wisata alam yang mesti di prioritaskan, akan tetapi akan lebih baik apabila dikolaborasikan dengan unsur budaya yang ada mengingat Pekon Pasar ini juga memiliki keunikan budaya yang berbeda dengan Pekon yang lainnya yang ada di Kecamatan Pulau Pisang. Sejauh ini, masih banyak kekurangan baik dalam hal pengelolaan maupun ketersediaan fasilitas yang bisa menunjang peningkatan pariwisata di Pekon Pasar ini, oleh karenanya, ditetapkannya peraturan daerah yang menempatkan Pekon Pasar sebagai pusat pengembangan pariwisata di Pulau Pisang merupakan momentum yang sangat positif dalam hal memenuhi serta menutupi berbagai kekurangan yang ada, dengan demikian perlu adanya komunikasi serta kerja sama yang baik dari Pemerintah Pekon Pasar dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat sehingga pengembangan pariwisata di Pekon Pasar ini bisa terwujud. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Wilcoxon dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi untuk pengembangan pariwisata dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat di Pekon Pasar Kecamatan Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat adalah strategi Strenght– opportunity (SO) atau strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Adapun strategi SO yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Pemberdayaan terhadap masyarakat di Pekon Pasar dan Optimalisasi potensi atau daya tarik dengan fasilitas penunjang. Kata Kunci: Strategi, Pariwisata, Peningkatan Ekonomi, Pemberdayaan Masyarakat.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2101270045

Keyword