(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING DAN K-MEANS PADA CLUSTERING PENGGUNA BERDASARKAN PEMETAAN EMOSI DAN KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS


Pariwisata merupakan salah satu sektor industri terbesar, serta yang memiliki peluang besar dalam hal peningkatan devisa negara. Pariwisata tersebar luas di seluruh pelosok indonesia, oleh karenanya banyak pilihan tempat wisata yang ditawarkan setiap daerah. Seseorang terkadang bingung dalam hal pemilihan tempat wisata, kemudian seseorang juga mengikuti emosinya dalam hal penentuan tempat wisata yang akan dikunjunginya. Penerapan metode forward chaining dan k-means merupakan metode yang digunakan dalam clustering pengguna dalam mendapatkan pilihan kelompok wisata pengguna, yakni berupa cluster pengguna dengan pilihan wisata buatan dan cluster pengguna dengan pilihan wisata alam. Clustering pengguna dilakukan berdasarkan pemetaan emosi dan tiga atribut karakteristik demografis pengguna yakni usia, jenis kelamin dan biaya. Pemodelan clustering digunakan untuk mendapatkan pusat centroid terbaik dengan nilai purity mendekati 1. Pemodelan dengan nilai validitas terbesar terdapat pada pengujian ketiga dengan nilai validitas 0,60 dan kemurnian data 0,59. Pada pengujian pengimplementasian clustering pengguna didapatkan nilai validitas 0,55 dan kemurnian data 0.51.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2009140010

Keyword