(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

TINGKAT AKSESIBILITAS JALAN TOL TRANS SUMATERA RUAS BAKAUHENI - TERBANGGI BESAR DALAM MENCAPAI KAWASAN STRATEGIS


Dalam Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Pulau Sumatera, tertuang tujuan pembangunan JTTS yaitu dalam rangka mendorong pengembangan kawasan di Pulau Sumatera dan untuk mendukung pertumbuhan perekonomian nasional serta dalam rangka pelaksanaan Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Ekonomi Indonesia 2010 - 2025. Namun, sejak Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni – Terbanggi Besar yang berada di Provinsi Lampung beroperasi, kendaraan yang memanfaatkannya masih sangat sedikit. Hal ini berpengaruh pada pencapaian tujuan JTTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat aksesibilitas dan besaran pengaruh komponen aksesibilitas yaitu jarak, waktu, dan biaya perjalanan JTTS ruas Bakauheni – Terbanggi Besar dalam mencapai kawasan strategis disekitarnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif indeks aksesibilitas dengan metode gravity, yang didukung oleh analisis spasial dan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa tingkat aksesibilitas JTTS ruas Bakauheni – Terbanggi Besar tergolong sedang. Hal ini ditinjau dari lima kawasan strategis yang diamati dan didapatkan hasil bahwa dua kawasan tergolong rendah yaitu Kawasan Terpadu LARAIN dengan nilai indeks 3,624 dan Kawasan Strategis Natar dengan nilai indeks 7,469, satu kawasan tergolong sedang yaitu Kawasan Industri Lampung dengan nilai indeks 33,045, dan dua kawasan tergolong tinggi yaitu Kawasan Bakauheni dengan nilai indeks 53,741 dan Kawasan Metropolitan Bandar Lampung dengan nilai indeks 69,441. Komponen yang memiliki pengaruh dari yang terkuat sampai yang terlemah terhadap aksesibilitas JTTS adalah biaya, waktu, dan jarak. Perlu peningkatan konektivitas dengan penambahan feeder atau peningkatan kapasitas feeder untuk meningkatkan aksesibilitas JTTS sehingga JTTS dapat termanfaatkan dengan optimal. Kata kunci: Aksesibilitas; Jalan Tol Trans Sumatera; Kawasan Strategis

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2009100064

Keyword