[GEOFISIKA - 2019] Karakterisasi Site Effect dan Frekuensi Natural Jembatan Kereta Api BH77 dengan Menggunakan Data MikrotremorNurfaizi (12115041) / Dr. Tedi Yudistira, S.Si., M.Si. / Teknik Geofisika, 2019Jembatan kereta api merupakan salah satu prasarana perkeretaapian yang perlu dipelajari faktor keamanan dan keselamatannya. Dalam penelitian ini, penulis mempelajari kemungkinan terjadinya resonansi di jembatan kereta api BH77 Lampung serta mengkarakterisasi site effect di sekitar jembatan dengan me... |
[FISIKA - 2019] Aplikasi Metode Horizontal to Vertical Spectral Ratio (HVSR) Dalam Analisis Daerah Rawan Bencana Gempa Bumi (Studi Kasus di Kota Palu)Diyoga Octaparamitha (11115003) / Dr. Eng. Alamta Singarimbun, M.Si. / Fisika, 2019Posisi kota Palu yang dilintasi patahan Palu-Koro mengakibatkan adanya potensi bencana gempa bumi yang tidak dapat diprediksi intensitas, kapan, dan dimana akan terjadi. Kondisi geologi kota Palu yang tersusun atas material yang bersifat lepas dan lunak menambah kerentanan kota Palu terhadap benc... |
[GEOFISIKA - 2019] Mikrozonasi Seismik dan Estimasi Kecepatan Gelombang Geser (Vs30) Menggunakan Metode Horizontal to Vertical Spectral Ratio (HVSR) Studi Kasus: Institut Teknologi SumateraRifa Salma Salsabila (12115032) / Dr. Tedi Yudistira, S.Si., M.Si. / Teknik Geofisika, 2019Provinsi Lampung terletak di bagian selatan pulau Sumatera yang merupakan salah satu daerah rawan gempa akibat adanya aktivitas tektonik lempeng seperti great Sumatra fault, subduksi lempeng Indo-australia dan lempeng Eurasia. Institut Teknologi Sumatera sebagai institusi pendidikan baru yang ber... |
Mikrozonasi Daerah Rawan Gempabumi dengan Metode Horizontal to Vertical Spectral Ratio (HVSR) di Kabupaten Kendal, Jawa TengahSahnaz Feby Aulia / Prof. Dr. Eng Alamta Singarimbun, M.Si / Fisika, 2024Kabupaten Kendal, Jawa Tengah adalah salah satu daerah yang memiliki potensi gempabumi sebab letak geologinya yang berada pada pertemuan 3 lempeng dunia. Mikrozonasi daerah rawan gempabumi di Kabupaten Kendal merupakan salah satu upaya mitigasi bencana. Penelitian menggunakan 18 titik pengukuran yan... |
IDENTIFIKASI KERAWANAN LONGSOR BERDASARKAN INDEKS KERENTANAN SEISMIK MENGGUNAKAN METODE HVSR MIKROTREMOR PADA TEBING SEKITAR JALAN WAY RATAI KABUPATEN PESAWARANIndi Nurazizah Ba`asyir / Dr. Ikah Ning P. Permanasari, M.Si. / Fisika, 2024Jalan Way Ratai di Kabupaten Pesawaran merupakan satu akses jalan penghubung kawasan wisata Pemerintah Provinsi Lampung yang memiliki tebing-tebing dengan kemiringan yang terjal, sehingga berpotensi menimbulkan longsor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kerentanan tanah berdasarkan aspek sei... |